Friday, 25 July 2014

Cara Mengajari Kucing Agar Tidak Buang Air Sembarangan


Memelihara kucing bukan hal yang sepele, para pemilik kucing kadang-kadang juga stress menghadapi si kucing yang suka buang air sembarangan, apa lagi di karpet. Bau dari kencing si kucing memang luar biasa, dan terkadang sangat sulit untuk dihilangkan. Apabila kamu punya masalah seperti ini, silahkan baca artikel ini, disini akan dibahas bagaimana sih cara mengajar kucing agar tidak kencing sembarangan.

cara mengajarkan kucing

Apabila kamu sudah menyediakan cat litter (tempat pipis dan buang air) si kucing tapi kucing kamu masih aja buang air sembarangan, ada banyak alasan mengapa si kucing berlaku seperti itu. Bisa jadi si kucing tidak suka dengan pasir yang ada di cat litter, atau si kucing mempunyai masalah dengan ginjalnya. Apapun alasannya, seekor kucing biasanya buang air dimana ada pasir. Yuk kita cari tau, bagaimana cara ngajarin si kucing ini.

  • Perhatikan sikap si kucing ketika mau buang air atau pipis, apakah ia mengeong-ngeong seperti kesakitan, atau si kucing langsung mojok dan garuk-garuk dengan tangannya ? Apabila ia langsung mojok dan garuk-garuk lantai / karpet, itu namanya si kucing bandel dan perlu diajari untuk buang air di litternya.
  • Setiap kucing lari kepojokan, mencium-cium lantai atau karpet dan tangan si kucing mulai menggaruk-garuk lantai, langsung angkat si kucing dan secepat mungkin pindahkan ke cat litternya. Si kucing pasti akan sedikit marah dan tidak jadi buang air, bisa jadi si kucing lari ke pojokan lagi dan melakukan hal yang sama, tapi jangan bosan, angkat lagi si kucing ke cat litter, sampai ia buang air di cat litter tersebut.
  • Kandangin si kucing, jangan kasih keluar si kucing selama 1 minggu, biarkan ia belajar menggunakan cat litter. Dengan keadaan seperti di kandang, si kucing tidak punya alasan lain untuk buang air di tempat lain, dengan cara ini nantinya si kucing akan terbiasa untuk buang air di cat litter.
  • Gunakan pasir yang beli di PetShop atau di Barito (apabila kamu di Jakarta), jangan gunakan pasir / tanah jalanan!
  • Usahakan cat litter (Tempat buang air si kucing) ukurannya lebih besar dari badan si kucing.

Kucing yang sudah dewasa memang sedikit lebih susah untuk diajari, tapi semua tidak ada kata terlambat dan sikap si kucing juga masih bisa di rubah.

Baca Juga Artikel Lainnya..

Response on "Cara Mengajari Kucing Agar Tidak Buang Air Sembarangan"