Tuesday, 25 November 2014

Kenali Ciri-Ciri Anak yang Hiperaktif


Anak yang hiperaktif biasanya akan sulit diatur, nakal, suka diajari dan umumnya anak hiperaktif tidak bisa diam. Hiperaktif atau yang disebut dalam istilah medis ‘ADHD” (attention deficit and hyperactivity disorder) adalah merupakan salah satu gangguan psikis, atau tingkah laku yang hingga mempengaruhi fisik anda tersebut. Mari kita bahas lebih lanjut soal anak yang hiperaktif

Sudah banyak penelitin tentang anak yang hiperaktif

anak yang hiperaktif
Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa otak anak-anak yang menderita hiperaktif memiliki potongan kecil DNA yang terhapus namum terduplikasi, yang dikenal sebagai Copy Number Variants (CNVs). Anak hiperaktif akan membuat anak tersebut impulsif, sehingga akan melakukan sesuatu tanpa berpikir, terkadang suka merasakan kegelisahan yang sangat berlebihan, gampang terganggu dan biasanya anak hiperaktif mengalami kesulitan dalam belajar.

Berikut ciri-ciri anak yang hiperaktif

1. Suka Menentang

Anak yang hiperaktif umumnya suka menentang, susah bahkan tidak mau dinasehati oleh siapapun.

2. Kurang Bisa Untuk Fokus

Anak hiperaktif juga umumnya kesulitan untuk berfokus dalam satu hal. Karena umumnya anak yang hiperaktif tidak bisa fokus untuk satu hal dalam waktu 5 menit. Anak tersebut akan memikirkan hal yang lain, misalnya anak tersebut sedang main bola, maka tidak sampai 5 menit ia akan melakukan hal yang lainnya.

3. Anak Hiperaktif Biasanya bersifat Desktruktif

Desktruktif atau perusak, ini sangat umum pada anak hiperaktif. Misalkan bermain puzzle, maka anak tersebut selain susah fokus pada puzzle itu, ia akan merusak puzzle tersebut.

4. Tidak Mudah Lelah

Anak yang hiperaktif tidak mengenal kata lelah, karena anak hiperaktif mempunyai pola pikir yang cepat dan berubah-ubah, dari melakukan hal A bisa pindah ke hal yang B, dan seterusnya.

5. Iseng dan Tidak Sabar

Anak hiperaktif juga dikenal sebagai si iseng. Anak ini akan selalu iseng karena sifatnya yang konon ‘tidak perduli’ dengan situasi yang ada. Umumnya anak yang hiperaktif juga tidak sabar.

6. Impulsif

Anak hiperaktif mempunyai sifat impulsif, atau melakukan sesuatu tanpa dipikir-pikir. Umumnya pada anak kecil yang dibawah umur 7 tahun, ia akan mengambil apapun yang ada didepannya. Tapi rata-rata anak kecil akan melakukan hal seperti itu, jadi bukan berarti anak anda hiperaktif juga!

Itulah beberapa ciri-ciri anak yang hiperaktif yang saya bisa jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat. Ingat, anak yang hiperaktif bukan kelainan mental atau “bodoh”, mereka hanya mempunyai pola pikir yang berbeda.

Baca Juga Artikel Lainnya..

Response on "Kenali Ciri-Ciri Anak yang Hiperaktif"